Popular Post

Posted by : Unknown Saturday, August 8, 2009

Sebelum menjawab permasalahan tersebut, kita harus mengetahui perihal server terlebih dahulu. komputer server menjadi urat nadi dari jaringan apapun. server menyediakan sumberdaya yang dibutuhkan oleh network tersebut seperti file storage, database, email, web server dan lain sebagainya. untuk itu memilih device yang akan digunakan sebagai server merupakan sebuah kunci utama dari membangun jaringan network. dalam memilih komputer mana yang akan digunakan untuk menjadi server harus diperhatikan hal hal berikut ini

Scalability, yang berarti kemampuan untuk menaikan ukuran dan kapasitas server tanpa adanya kerusakan yang berarti. Membeli komputer server hanya untuk memenuhi kebutuhan merupakan kesalahan umum yang sering terjadi karena kebutuhan akan sumberdaya server pasti meningkat hampir dua kali dalam satu tahun.

Reability, menjaga keberlangsungan jaringan ketika terjadinya down pada server sehingga setiap client yang terhubung akan terkena dampaknya.

Avaibility, hal ini sangat berhubungan dengan reabilitas. ketika komputer server down, berapa lama waktu yang diperlukan oleh server untuk berjalan kembali? komputer server di desain untuk mudah digantikan dan diperbaiki. Dalam beberapa sever terdapat komponen yang dinamakan hot swappable yang memungkinkan server untuk mengganti komponen tanpa mematikan server. Dan beberapa server pula didesain sebagai fault-tolerant yang memungkinkan tetap beroperasi walaupun komponen utama mati.

Dukungan dan Pelayanan, Dukungan dan Pelayanan merupakan faktor yang sering di perhatikan ketika memilih komputer. ketika sebuah komponen didalam server down atau rusak, harus terdapat suku cadang atau orang yang berkompetensi untuk memperbaiki kerusakan.

Dari keterangan diatas, jelaslah bahwa komputer server harus memiliki spesifikasi yang tinggi sehingga segala kebutuhan jaringan terpenuhi. walaupun sebenarnya semua komputer dapat berlaku seperti server tetapi hanya untuk small network saja. Dalam memilih komputer untuk di jadikan server haruslah sesuai dengan kriteria diatas.


- Copyright © All System Go ! - Date A Live - Powered by Blogger - Edit Designed by Solihul Hadi -